ANGGOTA KORAMIL03/GRINGSING BANTU PETANI PANEN PADI DENGAN ALAT KOMBEN

Gingsing-Anggota Koramil 03/Gringsing jajaran Kodim 0736/Batang melaksanakan pendampingan panen padi di lokasi Poktan Subur Desa Gringsing.Kec.gringsing.Kab.Batang dengan luas lahan 2 hektar, Hari ini Senin 23-04-2018,Mulai pada pukul 09.30 wib s/d selesai, Milik Bapak H.Munawar Kegiatan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian, sebagai salah satu langkah menyukseskan program pemerintah swasembada pangan di Kabupaten Batang, khususnya di wilayah desa-desa binaannya Desa Gringsing Kec.Gringsing Kab.Batang
Danramil menyampaikan, pada panen padi di areal pertanian milik warga itu, menggunakan mesin modern berupa alat pemanen padi Komben (wheat harvest) yang dioperasikan langsung oleh Batituud Peltu Solekhudin.“Kalau semua petani, saat panen menggunakan mesin ini, bisa lebih efisien. Dari satu hektar hanya memakan waktu 2,5 jam dengan hasil perhektar tergantung dari pertumbuhan padi yang maksimal dengan tingkat kesuburan tanah yang baik dengan hasil bisa mencapai 5 s/d 6 ton,” ujarnya.

“Selain membantu tanam dan panen padi, kami juga melakukan penyuluhan pertanian bersama-sama dengan PPL kepada para kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi Wilayah binaan Babinsa,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Bapak Atmin, mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa, yang terjun langsung membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. “Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkatkan,” terangnya.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut serta mensukseskan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.