PENDAMPINGAN PENGOLAHAN LAHAN SAWAH

Tulis – Babinsa Koramil 12/Tulis Koptu Mujianto,mendampingi pengolahan lahan serta penyuluhan benih padi di Desa Jrakah Payung Kec.Tulis,Kab.Batang,jum’at (20/4).

Pengolahan tanah sawah dalam usaha budidaya padi bertujuan untuk menciptakan tanah olah yang siap tanam secara spesifik, maupun biologis, sehingga tanaman yang dibudidayakan akan tumbuh dengan baik.

Koptu Mujianto menjelaskan, pengolahan lahan yang baik yaitu sebelum padi ditanam. salah satu kunci utama dari keberhasilan panen itu sendiri, Pengolahan lahan tanaman padi sangatlah penting untuk diperhatikan secara benar.

“Karena lahan sawah merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan tanaman padi. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman padi di antaranya akan dipengaruhi oleh sejauh proses pengolahan lahan yang dilakukan sebelum ditanami,”ujarnya.

Selain itu, pengolahan tanah juga bertujuan untuk memperoleh struktur tanah yang dibutuhkan bagi pertumbuhan benih atau akar. Struktur tanah juga diperlukan guna memungkinkan peresapan yang cepat dan ketahanan terhadap hujan untuk mendapatkan kandungan dan pertukaran udara yang cukup di dalam tanah, dan untuk memperkecil hambatan terhadap penembusan akar.

“Sebaliknya, suatu persemaian yang baik umumnya membutuhkan partikel yang lebih halus dan kepadatan yang lebih tinggi di sekitar benih itu sendiri” imbuhnya.