MENTERI PURR: JALAN TOL PEMALANG-SEMARANG DAPAT DIFUNGSIONALKAN

Batang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono menegaskan bahwa ruas jalan Tol Batang-Pemalang dan Batang-Semarang dapat difungsionalkan sebagai jalur arus mudik Lebaran 2018.
“Jika pada Lebaran tahun sebelumnya ruas jalan tol Batang-Pemalang dan Batang-Semarang diberlakukan sebagai jalur darurat. Akan tetapi pada Mei 2018, jalan tol ini dapat difungsionalkan,” katanya di Batang, Rabu.
Menurut dia, saat ini progres jalur Tol Batang-Pemalang sudah mencapai 64 persen dan Batang-Semarang 69 persen sehingga jalur bebas hambatan tersebut dapat difungsionalkan sebagai jalur arus mudik Lebaran 2018.
“Insya Allah, ruas jalan tol itu dapat difungsionalkan sebelum Lebaran 2018,” katanya.
Kendati demikian, Basuki Hadimulyono mengaku, jika proses pembangunan jalan tol tersebut masih terjadi kendala (progres pembangunan jembatan) sungai Kalikuto Weleri yang menghubungkan Kabupaten Batang dengan Kendal.
“Khusus seksi Batang, progres pembangunanya sudah mencapai 89 persen,” katanya.
Ia mengatakan adapun masalah yang dihadapi dalam proses pembangunan jalan tol itu juga terjadi di Ngaliyan Semarang terkait dengan proses pembebasan lahan milik warga.
“Di Semarang masih terjadi permasalahan di Ngaliyan. Adapun pembebasan lahan seperti yang terjadi di Solo,” katanya.